Jumat, 09 November 2012

Jalan Desa Karyamukti – Nanggerang Diperbaiki 2.4 KM, Abubakar Datang Meresmikan

CILILIN BANDUNG BARAT, (bedalagi.com)-  Setelah sekian lama terbengkalai dengan kondisi yang memprihatinkan sejak masih tergabung dari Kabupaten Bandung, kini sarana infrastruktur jalan yang menghubungkan Desa Karyamukti – Desa Nanggerang mulai mengalami perbaikan meski masih ada sebagian kecil lainnya yang masih harus mendapat perhatian lebih. Dan Jumat (9/11) kemarin jalan desa yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung ini diresmikan keberadaan dan penggunaannya oleh Bupati Bandung Barat, H. Abubakar setelah mendapatkan perbaikan sepanjang 2.480 meter dengan lebar 3 meter.
“Keberadaan jalan ini sangatlah strategis, karena menghubungkan 2 desa yang saling berbatasan. Saya berharap pasca dilaksanakannya perbaikan jalan ini dapat memberidampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Karyamukti pada khususnya dan masyarakat Kec. Cililin pada umumnya,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Binamarga dan Pengairan Kabupaten Bandung Barat, Drs. Dodi Sofiandi.
Dodi menjelaskan bahwa kondisi ke PU-an pada tahun 2012, dari total panjang jalan yang dimiliki mencapai 553.65 KM, 13.81 persen diantaranya atau sepanjang 76.46 KM dalam kondisi rusak berat. 236.80 KM (42.77 persen) dalam kondisi rusak ringan. 123.37 KM lainnya mengalami rusak sedang dan sekitar 147.55 KM dalam kondisi baik dan memadai.
Dari sekitar 45 KM panjang jalan yang ada disekitar Kec. Cililin sudah lebih dari 50 persennya ada dalam kondisi baik. “Dalam proses pelaksanaan perbaikan jalan ini partisipasi dari masyarakat sekitar sangat tinggi baik dalam bentuk tenaga maupun materi yang dikeluarkan untuk lancarnya pembangunan akses jalan yang menghubungkan Desa Karyamukti dan Nanggerang ini. Saya juga sangat berharap agar masyarakat dapat memelihara jalan yang sudah ada dan mendukung berbagai program pembangunan yang dilakukan pemda,” terangnya.
Sementara itu, Bupati Bandung Barat, H. Abubakar menegaskan bahwa pelaksanaan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan ini sebagai implementasi dalam mewujudkan sebuah pemerintahan yang adil dan bisa lebih dirasakan oleh masyarakat.
“Peresmian jalan ini sebagai tekad untuk meneruskan rintisan awal berdirinya Kabupaten Bandung Barat agar pemerintah bisa lebih dekat dengan masyarakat,” tuturnya.
Sebab, Abubakar mengatakan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan suatu daerah haruslah ada sebuah sinergitas yang terjalin dengan baik antara pemerintah dan masyarakat melalui cara gotong royong. Mengingat keduanya memiliki tugas dan kewajibannya masing-masing, yakni Pemerintah memiliki tugas untuk “Ngaroris Lembur” dan kewajiban masyarakat untuk “Memulasara Lembur”.
Pada kesempatan yang berbeda, Abubakar memberikan kabar bahagia bagi warga Kp. Marga Mulya, Desa Mekarwangi, Kec. Sindangkerta. Pasalnya, Abubakar berjanji akan segera memperbaiki akses jalan yang selama ini menjadi sarana utama transportasi warga sepanjang 500 M pada akhir tahun ini dan sepanjang 3 KM pada awal tahun depan. (den/bl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar