Selasa, 25 September 2012

Abubakar: "Prioritaskan Pengurangan Masyarakat Miskin"

LEMBANG Bandung Barat, (bedalagi.com)-  - Bupati Bandung Barat, H. Abubakar menegaskan bahwa salah satu program utama pemerintahannya adalah memprioritaskan pengurangan jumlah masyarakat miskin dengan meningkatkan swadaya masyarakat sehingga bisa lebih berdaya lagi.
“Salah satunya dengan memberikan berbagai pelatihan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang pada kenyataannya sangat dirasakan manfaat keberadaannya oleh masyarakat,” terang Abubakar ketika membuka kegiatan Semiloka DPRD PNPM Mandiri Perdesaan di Lembang, Senin (24/9).
Pasalnya, PNPM sangat menyentuk kehidupan masyarakat secara langsung. Selain melakukan pembangunan sarana prasarana infrastruktur, juga menyentuk pada peningkatan perekonomian masyarakat secara langsung.
Diantaranya dengan mengurangi masalah ekonomi masyarakat yang sudah mulai ketergantungan pada rentenir yang berkedok koperasi simpan pinjam, mengingat berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa saat ini 20 persen masyarakat Kabupaten Bandung barat merupakan keluarga miskin.
“Jadi, sudah menjadi tugas kita sebagai aparat pemerintah untuk berusaha menguranginya dengan berbagai program yang dapat dirasakan dan melibatkan masyarakat secara langsung dalam proses pelaksanaannya,” ungkapnya.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Drs. Aseng Junaedi berharap dengan digelarnya semiloka DPRD adalah bisa terumuskannya kesepakatan bersama tindak lanjut mekanisme pengakomodasian perencanaan partisipatif PNPM Mandiri Perdesaan kepada rencana reguler daerah.
“Dengan demikian, berbagai program pembangunan fisik maupun peningkatan ekonomi bisa dirasakan langsung oleh masyarakat karena melibatkannya secara langsung dalam perencanaan, proses pelaksanaan hingga pelaporannya,” pungkas Aseng singkat.(den/bl)
Teks Foto: Bupati Bandung Barat Saat Memberikan membuka kegiatan Semiloka DPRD PNPM Mandiri Perdesaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar